Retire Young Retire Rich Robert T KiyosakiRetire Young Retire Rich Robert T Kiyosaki-Ebook yang berjudul Retire Young Retire Rich ini merupakan salah satu ebook karangan dari Robert T. Kiyosaki. Motifator dibidang bisnis dan investasi yang tidak asing lagi bagi saya dan anda kecuali anda memang tinggal dibulan sehingga tidak pernah tau siapa Robert T. Kiyosaki ini, he.. he.. he..

Retire Young Retire Rich merupakan bacaan wajib bagi siapa saja yang menginginkan kebebasan finansial, tidak terkecuali siapa anda dan dari mana anda berasal.Materi yang terkandung di dalam ebook karangan Robert T. Kiyosaki ini sangatlah bagus untuk membasuh jiwa dan pikiran kita dari pola hidup yang konsumtif menjadi pola hidup yang produktif, karena itulah kunci yang terkandung dalam ebook Retire Young Retire Rich ini setelah saya membacanya, dan saya juga berharap anda mau membacanya.

Buku ini berbicara tentang bagaimana kita memulai dari nol, tanpa modal, dan pensiun bebas secara finansial dalam waktu kurang dari sepuluh tahun.

Pelajarilah bagaimana anda dapat melakukan hal yang sama. Kalau anda tidak berencana bekerja keras seumur hidup… buku ini cocok untuk anda.  Mengapa tidak Pensiun Muda dan Pensiun Kaya? Kiyosaki menitikberatkan pembahasannya pada bagaimana bekerja cerdas. Bagaimana melipatgandakan hasil dari kerja keras dengan menggunakan kekuatan “Daya Ungkit”. Kekuatan dahsyat dari “Daya Ungkit” dikupas tuntas dalam buku ini.

Retire Young Retire Rich Robert T Kiyosaki

Buku yang ditulis oleh Robert Kiyosaki ini juga menegaskan bagaimana menjadi kaya dengan berpindah dari kuadran rendah/menengah, ke kuadran yang lebih tinggi. Kuadran S dan kuadran E dianggap sebagai kuadran miskin, dan kuadran kaya berada pada level B dan I. Pada dasarnya, peralihan atau perpindahan kuadran merupakan

Saran dari Ayah Kaya Om Robert diatas benar adanya. Setidaknya itulah yang saya pelajari dari buku Retire Young Retire Rich ini. Sesuai judulnya, buku ini memang menjelaskan tentang kiat-kiat bagaimana agar bisa pensiun muda dan pensiun kaya. Om Robert sendiri, bersama istrinya Kim, akhirnya bisa pensiun dan bebas secara finansial di umur 47, sementara istrinya pada umur 37. Dan, berbeda dengan pikiran orang banyak (termasuk saya pada awalnya), bukan uang yang membuat mereka bisa pensiun muda, pensiun kaya dan bebas secara finansial. Tapi konteks dan realitas pikiran mereka yang membuat itu menjadi mungkin.

Realitas pemikiran kita juga merupakan hal yang sangat krusial dalam membuat kita bebas secara finansial. Sebagai contoh, kita terkadang memiliki keragu-raguan tersendiri untuk melakukan investasi, membangun dan mendapatkan aset atau memulai usaha. Pikiran-pikiran seperti “Saya tak akan bisa memulainya.” Atau “Itu terlalu berisiko.” Adalah apa yang dikatakan oleh Om Robert sebagai realitas pikiran kita. Selama kita tidak memperluas realitas pikiran kita dan membiarkan pikiran-pikiran tersebut menguasai kita, maka untuk bisa bebas secara finansial dan pensiun kaya akan lebih sulit.

Retire Young Retire Rich Robert T Kiyosaki

Saya sangat tergugah dengan cerita seorang psikoterapis yang membantu seminar Om Robert. Psikoterapis tersebut menceritakan tentang bagaimana sebenarnya perkataan perkataan kita akan masa depan pada hakikatnya adalah suatu kebohongan. Perkataan-perkataan seperti “Saya tak akan pernah berinvestasi karena itu terlalu berisiko.” Atau “Saya tak akan pernah bisa mendapatkan uang sebegitu besar.” Adalah pernyataan yang merujuk kepada masa depan. Pernyataan yang menunjukkan sesuatu yang kita khawatirkan atau kita takutkan. Lebih lengkapnya saya kutip beberapa bagian perbincangan antara sang psikoterapis dengan Om Robert:

“Sebagai seorang terapis, saya telah menemukan bahwa sebagian besar orang yang tidak berhasil, tidak bahagia, tidak puas mengatakan kebohongan yang paling tidak menyenangkan tentang diri sendiri.”
“Karena apa pun yang anda katakan tentang masa depan secara teknis merupakan kebohongan, kenapa tidak mengatakan kebohongan tentang masa depan yang anda inginkan bukan jenis masa depan yang tidak anda inginkan?” jawab sang terapis
“Berbohong tentang masa depan dengan suatu tujuan?
“Ya, kita semua melakukannya, sebagian di antara kita melakukannya tanpa sadar atau secara otomatis. Izinkan saya bertanya kepada anda: Ketika berbicara tentang uang, apakah ayah kaya anda berbicara tentang masa depan secara positif?
“Ya,” saya berkata.
“Dan apakah banyak dari yang dikatakannya menjadi kenyataan?” Dia bertanya.
Kembali saya berkata, “ya.”
“Dan ketika berbicara tentang uang dan masa depan, apakah ayah miskin anda berbicara secara negatif?”
“Ya,” saya berkata.
“Dan apakah yang dikatakannya menjadi kenyataan?”
Saya menganggukkan kepala.
“Jadi kedua kumpulan kebohongan itu menjadi kenyataan,” Ujar sang terapis.

Retire Young Retire Rich Robert T Kiyosaki

Selain cerita-cerita motivasi diatas, buku ini juga menjelaskan hampir ke tingkat praktis, seperti bagaimana melihat kondisi investasi yang baik, berinvestasi, dan bagaimana memanajeri dan memimpin usaha. Buku ini memang jadi buku kiat-kiat yang bisa kita terapkan dan kita lihat secara langsung. Saya pribadi menjadi terbuka dengan berbagai bentuk investasi, kepemilikan aset dan usaha. Meskipun, kira-kira hampir 70% dari buku ini berisi motivasi dan penjelasan mengenai bentuk-bentuk daya ungkit atau potensi yang dapat kita gunakan. Dari mulai daya ungkit pikiran, rencana, hingga tindakan (ini mencakup kebiasaan, uang, real estat, aset kertas, dan bisnis. Kurang lebih bagian-bagian praktis).

Kurang lebih, saya bisa menyebutkan kalau buku ini merupakan buku finansial terbaik yang saya baca. Buku yang memiliki tingkatan yang disampaikan dengan sangat baik. Keseluruhan, buku ini memang bukan tipe-tipe buku “instan” yang lebih mengacu kepada hal-hal praktis, tapi buku ini membedah dan membahas – dengan sangat baik – bentuk-bentuk dan potensi yang sebenarnya kita miliki untuk bisa mencapai kebebasan finansial.

Mengutip kembali pernyataan dari Ayah Kaya Om Robert,

“Bukan uang yang membuat kita kaya.”

Retire Young Retire Rich Robert T Kiyosaki
 

 

DOWNLOAD GRATIS!

[indeed-social-locker sm_list=’fb,tw,li,’ sm_template=’ism_template_1′ sm_list_align=’horizontal’ sm_display_counts=’false’ sm_display_full_name=’true’ unlock_type=1 locker_template=2 sm_d_text='<h2>Ebook Ini Terkunci</h2><p>Bagikan Halaman Ini Untuk Membuka Kunci Ebook</p>’ ism_overlock=’default’ ]   

pasif income mahasiswa
[/indeed-social-locker]

Share This

Share This

Share this post with your friends!