LIMA TAHUN

Lima tahun biasanya digunakan sebagai panduan waktu dalam sebuah proses perubahan. Jabatan presiden atau kepala negara atau kepala daerah biasanya berkisar 5 tahun. Ada yang 4 tahun juga ada yang 6 tahun, rata rata 5 tahun seperti juga di Indonesia. Di masa orde baru ada REPELITA (Rencana Pembangunan Lima Tahun). Yaitu periodisasi tahapan pembangunan dalam waktu 5 tahunan.

Robert T Kiyosaki di seminar yang diselenggarakan sebuah support system Amway di Australia mengatakan :”Sediakan waktu Anda untuk berkumpul selama sedikitnya 5 tahun dengan orang orang ini (orang Amway sukses), maka Anda akan kaya juga meskipun tidak mengerjakan bisnisnya”. Berkumpul dalam pengertian Robert T Kiyosaki adalah bertemu muka, berdiskusi, mengikuti seminarnya dan sebagainya. Butuh waktu 5 tahun berkumpul untuk bisa memiliki pola pikir yang sama dan akhirnya kesuksesan yang sama. Meskipun bisnisnya mungkin berbeda.

Kalimat “meskipun bisnisnya berbeda” adalah kata kata bersayap. Karena untuk bisa berkumpul dengan orang orang Amway ya melalui menjalankan bisnis Amway. Meskipun seandainya nanti tidak berhasil menjalankan Amway, jika Anda lama berkumpul dan bergaul dengan mereka, Anda pasti kaya juga.  Beberapa yang saya tahu misal Adi W Gunawan, selama 7 tahun serius menjalankan Amway dan hadir rutin di seminar seminarnya. Dari seorang pemilik toko elektronik kecil, dia bermetamorfosa menjadi hipnoterapis, penulis buku, konsultan berbagai perusahaan dan menjadi orang kaya. Pak Ahmad Faiz Zainuddin juga begitu, sekarang menjadi founders SEFT dan memiliki jaringan pelatihan yang besar.

Lima tahun itu hanya sebentar. Lima tahun yang lalu, tahun 2013, Anda menjadi apa ?. Lima tahun sebelumnya, 2008, Anda menjadi apa ? Apakah selama ini sudah ada perubahan yang berarti dalam kehidupan Anda ?

Saya masih ingat diskusi dan rumor seru ketika pergantian millenium, bahwa tanggal 1 Januari tahun 2000, teknologi berbasis komputer akan ambruk karena ada reset dari 99 menjadi 00. Ternyata itu sudah 18 tahun yang lalu. betapa cepatnya ?

Dari kuadran kiri ke kuadran kanan, itu bukan sekedar ganti pekerjaan, tetapi benar benar perubahan yang signifikan. Anda butuh waktu yang cukup untuk membuat diri Anda pantas untuk itu. Tuhan tidak akan memberi beban yang tidak bisa  ditanggung manusia. Salah satunya adalah beban berupa kekayaan. Tanpa menyiapkan diri sehingga Anda pantas mendapatkan beban kekayaan itu, Tuhan tidak akan memberi Anda kekayaan. Di Amway, Anda baru bisa sukses jika sudah membantu banyak orang. Anda tidak akan bisa sukses jika masih ingin dibantu.

Upline Anda membantu Anda karena dia ingin sukses. Tentu tidak akan semuanya dibantu, melainkan hanya mereka yang memang ingin sukses di bisnis Amway. Misalnya yang teachable, yang belanja rutin, yang serius berusaha memasukkan orang ke BTD, yang rutin datang ke seminar dan sebagainya. Mereka adalah orang orang yang memang siap dibantu. Upline Anda tentu enggan membantu orang yang minta dibantu. Yang protes jika tidak dibantu, yang merasa bahwa dia berhak dibantu. Yang begini akan terus memberatkan upline nya.

Siapkan waktu 5 tahun untuk berproses. Jangan terintimidasi mereka yang bisnis Amwaynya cepat. Setiap orang memiliki waktunya sendiri. Kalau Anda teliti, mereka yang berhasil cukup cepat di Amway itu memiliki beberapa kelebihan sebelumnya.

Pak Chozin misalnya. Meskipun dari luar beliau petani terong, sejatinya adalah ahli strategi. Beliau otak dibalik terpilihnya seorang kepala daerah di Jatim (bukan Jember).

Pak Rusmianto, orang yang memiliki komitmen untuk membantu orang lain. Sebelum beliau berhenti kerja dan pulang ke Jember, setiap magrib, kalau Anda ke ADC Surabaya pasti bisa menemui pak Rus yang sedang membelanjakan downlinenya. Itu setelah seharian bekerja sebagai sopir pribadi dan perusahaan.

Pak Yanto memiliki keahlian dibidang komputer, medsos dan lain lain. Beliau juga (maaf) sengau, sehingga merasa tidak akan bisa menjalankan bisnis Amway dengan cara lama. Karena itu cara baru dengan medsos ini seperti bebek mendapat air. Langsung bisa berlari.

Pak Rochmat orang yang luar biasa tekun. Untuk bisa mendapat sinyal di rumahnya di pegunungan Soreang (Bandung), dia harus menempatkan HP nya diatas penggorengan untuk memantulkan sinyal.

Yang paling penting dari semua itu, mereka (pak Chozin, pak Rusmianto, pak Imam, pak Yanto) harus berhutang untuk bisa hadir di Seminar Inspirasi dan Visi pertama mereka (Juli 2017). Itulah yang membuat mereka bisa cepat mengerjakan bisnis ini, karena ada keterdesakan.

Anda juga jangan terintimidasi dengan saya karena 2 tahun bisa freedom. Saya punya sesuatu yang mungkin Anda tidak punya. Saya sudah lama menginginkan penghasilan pasif karena ingin isteri saya tidak terlantar seperti para janda dokter lain yang harus jualan door to door untuk mempertahankan ekonomi keluarga.

Selama 10 tahun saya sangat membenci Amway. Sehingga ketika melihat yang sebenarnya, dengan cepat itu berubah menjadi cinta. Benci dan cinta adalah satu keping mata uang. Tidak jarang seseorang mendapat jodoh orang yang dulu sangat dibenci saat masih remaja.

Giacomo Girolamo Casanova lahir di Venesia di tahun 1725, atau kita kenal sebagai Casanova. Dia adalah seorang play boy yang mengerti benar konsep perubahan dari benci menjadi cinta itu. Pendekatan kepada seorang wanita dilakukan dengan membuat si wanita membenci dirinya. Dia sengaja menabrak wanita yang dia incar di pintu masuk opera, kemudian marah marah dan menghina sampai si wanita  menangis saking marah dan bencinya. Di masa istirahat, dia mendatangi wanita itu dengan sebuket bunga, kemudian meminta maaf. Meskipun masih sangat benci, tentu sifat “gentleman” itu akan menarik si wanita. Kemudian dia rutin mengirim bunga dan akhirnya si wanita terjebak di rayuannya.

Benci dirubah menjadi cinta. Itulah tugas Anda kepada prospek prospek Anda. Sebagian besar mereka membenci MLM, membenci Amway. Tugas Anda membuatnya tertarik kepada Amway dengan pendekatan pribadi, memberi bantuan dan sebagainya. Tugas MSO hanya memberi materi materi untuk membuka pola pikir.

 

Mereka tidak tertarik ke Amway, mereka tertarik ke Anda !!.

Berilah waktu kepada diri Anda untuk bisa membuat diri Anda magnet bagi prospek Anda. Jika sudah demikian, berarti Anda sudah siap diberi tanggung jawab berupa kekayaan yang besar.

Tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama dan upaya yang berat untuk membuat Anda menjadi magnet. Jauh lebih berat dan lama waktu yang Anda pergunakan untuk mencapai posisi saat ini.

Cara menjadi magnet sudah saya uraikan di artikel MERENCANAKAN PENGHASILAN DI AMWAY.

Saya ulangi lagi, beri waktu diri Anda berkumpul selama sedikitnya lima tahun dengan mereka yang sukses di Amway. Maka bisa dipastikan Anda akan sukses.

Salam sukses dari saya,

Share This

Share This

Share this post with your friends!